Senin, 05 Januari 2009

Resep Industri Susu Kedelai - Peluang Usaha Sari Dele + Industri Tahu

Konsultasi Industri: Resep Susu Kedelai – Peluang Usaha Saridele
Tanya:
Bpk Juwono yth, saya ingin mempunyai usaha kecil dirumah. Saya tertarik dengan produksi susu kedelai, yang dikemas dalam cup. Rencananya akan saya jual di kantin kantin sekolah sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Tolong dijelaskan cara produksi susu kedelai & manfaat dari susu kedelai sehingga kami bisa meproduksi dengan cara yang benar & enak rasanya. Terima kasih.

Jawab:
Susu kedelai merupakan cairan bewarna putih yang berasal dari extract kedelai dengan penampakan & komposisinya mirip dengan susu sapi. Susu kedelai merupakan sumber protein yang sangat baik, karena bahan bakunya dikenal sebagai sumber protein nabati yang bermutu baik. Rasanya yang enak dan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan, membuka peluang bisnis yang menguntungkan, karena kita tidak kesulitan untuk memasarkannya.

Bisnis susu kedelai bisa dimulai secara kecil kecilan/industri rumah tangga, dengan peralatan dapur dengan investasi ringan, dan apabila berkembang bisa dikembangkan menjadi industri yang lebih besar, karena peralatan industrinya mudah didapat. Peralatan yang digunakan untuk insudtri susu kedelai adalah: Mesin Pengupas kulit ari & Mesin kedelai pisah langsung pisah ampas. Sedangkan untuk pengemasannya bisa menggunakan Cup Sealer manual.

Cara Pembuatan Susu Kedele:


A. Sortasi Kedelai:

Pilih kedelai yang bijinya utuh & bagus. Kedelai yang bijinya pecah, keriput & berjamur jangan digunakan, karena mempengaruhi rasa. Kerikil, Cakang kedelai & kotoran yang lainnya juga harus dipisahkan.

B. Proses Perendaman:

Kedelai (1kg) direndam dalam larutan dengan komposisi:
Air 3 Liter
Sodium Bicarbonat 1 gram
Lama Perendaman +-4 jam.

C. Proses Pengupasan Kulit Ari

Kedelai yang telah direndam, ditiriskan lalu dicuci dengan air sampai bersih (tidak licin). Lalu direbus selama 30 menit. Perebusan ini bertujuan untuk menghilangkan bau langu & melunakkan kulit ari sehingga mudah dikelupas. Kedelai yang sudah direbus, setelah digin bisa dikupas dengan cara diremas remas, atau bisa juga menggunakan mesin pengupas kulit ari kedelai no 36.

Keterangan Mesin Pemecah Kupas Kulit Ari Kedelai No 36
Specification:
Type: Manual
Dimensi : 150×50x100 cm
Mesin pemecah - kupas kedelai manual. Sebelum kedelai masuk terlebih dahulu direndam beberapa jam agar kulit kedelai dapat mudah untuk terkelupas. menggunakan tenaga manusia, dengan cara dikayuh seperti kita naik sepeda, dengan demikian kita dapat bekerja sekaligus berolahraga. Apabila diperlukan bisa juga dipasang dynamo/motor listrik.


D. Proses Pembuatan Susu Kedelai

Kedelai yang sudah dikupas kulit arinya diproses menggunakan Mesin Penggiling Kedelai langsung pisah ampas no 27 (mesin samping) atau yang No. 27B (mesin dibawah), dengan penambahan air hangat sebanyak 18 liter. Cairan yang didapatkan bewarna putih susu, sedangkan ampasnya bisa dipakai untuk makanan ternak atau bisa juga diolah menjadi perkedel ampas kedelai atau krupuk ampas kedelai.



Keterangan Mesin Giling Kedelai - Pisah Ampas No 27 (Msn Samping)
Specification
Daya: 750W
Type:CM-100
Dimensi : 70x36x91 cm
Hasil: 25Kg/ h
Berat: 45 Kg

Mesin giling kedelai ini langsung pisah ampas dengan sarinya, sehingga proses selanjutnya bisa untuk tahu, sari kedelai, tahuwa, tahu jepang, Dll. Hasil Gilingan ini menghasilkan juice/filtrat susu kedelai mentah dengan kondisi masih sangat kental, sehingga ampas hasil gilingan masih dapat digiling 2 kali lagi. Mesin ini menggunakan penggerak motor listrik, dengan system continuous. keistimewaan mesin ini adalah dynamo penggeraknya ada di samping sehingga proses produksi bisa lebih mudah & praktis. Material contact dengan food terbuat dari campuran logam alumnium & stainless stell sehingga tidak berkarat

E. Proses Pemasakan susu kedelai

Cairan putih susu yang diperoleh, disaring, kemudian tambahkan 2kg gula pasir, pandan wangi & 1 sendok makan garam. Masak sampai mendidih. Setelah mendidih api dikecilkan selama 20 menit sambil diaduk perlahan supaya jangan sampai pecah emulsinya. Mesin untuk memasak bisa menggunakan Cooking Mixer No. 83.


F. Proses Pengemasan susu kedelai dalam Cup.
Susu kedelai yang sudah dimasak, bisa dikemas dalam cup menggunakan cup sealer. Sebaiknya dikemas pada suhu +- 80C, setelah dipress dengan Cup Sealer Manual no. 39 atau Mesin Semi Otomatic Cup Sealer No. 122 . Lalu bisa di rendam dalam air pada suhu ruang untuk mengetahui apabila terjadi kebocoran pada Cup & untuk mendinginkan susu kedelai dalam kemasan.

Mesin Pengemas Gelas: Cup Sealer Manual No.39


Mesin Semi Autimatic Cup Sealer No.122


G. Untuk memperpanjang masa simpan, susu kedelai dalam kemasan bisa disimpan dalam lemari es atau jika untuk jualan bisa disimpan dalam Display Chiller No. 195.


Keterangan bahan yang diperlukan untuk pembuatan susu kedelai:
1. Kedelai: Pada dasarnya setiap jenis kedelai bisa digunakan untuk membuat susu kedelai. Pilihlah kedelai yang bewarna putih atau putih kekuningan. Varietas kedelai putih yang bisa dijadikan bahan pembuatan susu kedelai antara lain: Edamame, Econoic Garden, Sumbing, Davros, dan Thaicung.
2. Gula Pasir: Pilihlah gula pasir yang bewarna putih bersih & kering. Jangan menggunakan gula merah/ gula aren, karena susu kedelai yang dihasilkan akan bewarna coklat.
3. Daun pandan & rempah rempah. Untuk menambah citarasa susu kedelai & menutupi bau langu dari kedelai. Selain daun pandan, rempah yang bisa ditambahkan: jahe, sereh, & cengkeh. Jangan terlalu banyak menambahkan rempah karena orang kurang suka bau rempah yang terlalu tajam.
4. Essence: Untuk menambah variasi rasa pada susu kedelai. Pilihan rasa akan meningkatkan penjualan, karena pembeli tidak cepat bosan, karena dapat memilih rasa yang disukai. Essence yang bisa ditambahkan pada susu kedelai antara lain: Chocolate, Strawberry, Melon, Mocca, dll. Bisa juga kita menambahkan coklat bubuk natural dan Malt Extract Powder (rasa milo/ovaltine concentrate).
5. Sodium Bicarbonat: Fungsinya untuk mempermudah pengupasan kulit kedelai & membuat kedelai tidak mudah masam/kecut. Sodium bicarbonate yang dipakai harus yang foode grade, umumnya buatan Korea/Japan.
6. Pewarna: Pewarna yang ditambahkan bisa memakai pewarna dari bahan alam, misalnya hijau daun suji & Pewarna Caramel. Bisa juga menggunakan pewarna bubuk yang Food Grade (khusus untuk makanan). Pewarna bubuk yang food grade, antara lain: Tartrazine (warna Kuning), Strawberry red, Ponceau 4R, Carmoisine (warna merah), Apple Green ( warna hijau ). Sedangkan pewarna Caramel ada 2 macam: Caramel positif bewarna coklat kemerahan & Caramel negative bewarna coklat kehitaman.

Untuk usaha rumah tangga, peralatan yang digunakan untuk memproduksi susu kedelai sebaiknya dari stainless.

Bahan Bahan Tambahan Pangan, yang dipakai untuk Food Industry bisa diperoleh di:
CV. Tristar Chemical.
Jln. Raya Rungkut Mapan Blok FA3. Telp 031-8704937, 031-8721242
Fax 031- 8794768. Hp: 08123040593.
http://tristarchemical.com

Peluang Usaha Industri Tahu


Selain usaha susu kedelai, dengan menambah beberapa peralatan & mesin, susu kedelai dapat diolah menjadi Tahu.
Susu kedele yang sudah dimasak diberi penggumpal (bisa memakai cuka, ataupun dengan menggunakan sek kau jepang. Kemudian di press dengan menggunakan:

Cetakan Tahu Sumedang no 67



Bisa juga memakai Mesin Press Tahu Stainless no. 19

Keterangan Mesin Press - Cetak Tahu Stainless No. 19.
Bahan: Stainless Steel
Dimensi: 60.5 X 45 X110cm
System Kerja: Untuk mengepress/mencetak Tahu, dengan system kerja manual (diputar), sangat praktis & mudah mengoperasikannya. Cocok Untuk Industri Tahu sekala rumahan.

Tristar Machinery Jual Mesin Industri Pengolahan Kedelai & Aneka Mesin Pengolahan Pangan. Kursus & Pelatihan Food Industry.

.
Mesin Mini Tauching Chaina No. 25.
Mesin Giling Kedelai Pisah Ampas Eton (mesin bawah) No. 27B.
Mesin Giling Kedele Pisah Ampas CM100 (mesin samping). No.27.
Mesin Press – Cetak Tahu Stainless No. 19.
Cetakan Tahu Sumedang No. 67B.
Mesin Press Ampas Tahu/Mesin Peras Santan No. 53.
Mesin Saridele dengan Steam No. 119.
Mesin Tahu Modern. No 50.


Kursus Tristar: Pelatihan Industri Pengolahan Kedelai, diajarkan aneka resep: Saridele, Tahu Ekonomis, Tahu Takwa Kediri, Tahuwa, Tahu Jepang.

Kursus Tristar: Pelatihan Industri Tempe Malang, Tempe Lembaran, Tempe Tumpuk.
Diajarkan mulai dari proses peragian hingga mencetak tempe dengan alat pencetak tempe No. 67A



Tristar Machinery & Kursus Home Industry Tristar
Address: Jln. Rungkut Mapan Utara Blok CA24 Surabaya.
Telp 031-8708071. . Fax: 031-8722794.
Contact Person:

Ibu Rosa : 088803211729.
Ibu Dewi Hp; 08883203340
Bpk Ferry flexi: 031-70232224 081330467779
Email: tristarchemical@yahoo.co.id.
Website: http://www.infomesin.com

Cabang: Jln Kedung Anyar 8/55 Surabaya
Telp: 031 – 5316496
Contact Person: Ibu Yuni 031-70022992

CABANG JAKARTA:
Jln. Jelambar Barat III Komplek Indoruko 45 No. 29. 021-70288024
Info Kursus: Lenny: 081807492676 – Christin: 081905686676
Info Mesin: Susanto: 08888409474

Lampung: Mbak Andrie Telp: 0721784263 – 085269218299

Balikpapan: Ibu Karine Telp: 0542-5608080 – 087812136080

Solo: Bpk Tejo. Telp: 0271-631989. Hp; 08122970077.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar